Minggu, 21 Oktober 2012

Operator dalam PHP

,
Operator dalam PHP dapat dikategorikan menjadi beberapa kelompok, yaitu :  

Operator Assignment 

Operator Assignment adalah operator yang digunakan untuk mengisi nilai kedalam suatu variable. PHP menggunakan operator (=) untuk melakukan hal ini,seperti layaknya bahasa C/C++ dan Java.

Operator Aritmatika  

PHP memilki dukungan terhadap operasi perhitungan standar dengan menyediakan operator-operator aritmatika. Berikut ini daftar operator yang termasuk kedalam kelompok ini : 

 +                 digunakan untuk Penjumlahan 
 -                  digunakan untuk Pengurangan 
 *                 digunakan untuk perkalian 
/                   digunakan untuk Pembagian 
%                 digunakan untuk mengetahui sisa dari pembagian(modulus) 
++                digunakan untuk menaikkan nilai variable sebesar 1(increment) 
 --                 digunakan untuk menurunkan nilai variable sebesar 1(decrement)  

Operator Relasional 

Operator Relasional digunakan untuk membandingkan dua buah nilai. Hasil dari operasi perbandingan ini selalu menghasilkan nilai Boolean(true or false). Berikut merupakan operator yang masuk kedalam kelompok ini : 

$a == $b       digunakan untuk memeriksa apakah a sama dengan b 
$a != $b        digunakan untuk memeriksa apakah a tidak sama dengan b 
 $a < $b        digunakan untuk memeriksa apakah a lebih kecil dari b 
$a > $b         digunakan untuk memeriksa apakah a lebih besar dari b 
 $a <= $b      digunakan untuk memeriksa apakah a lebih kecil atau sama dengan b 
 $a >= $b      digunakan untuk memeriksa apakah a lebih besar atau sama dengan b  

Operator Logika 

 Operator logika digunakan untuk mengoperasikan dua buah operandyang bertipe Boolean. Hasil yang diberikan dari operasi ini juga akan bertipe Boolean. Operasi logika dapat berupa AND(&&), OR(||) dan NOT(!). 

Operator AND akan memberikan nilai TRUE jika kedua operand bernilai true, selain itu maka FALSE. 

Opeartor OR akan bernilai TRUE jika salah satu operand bernilai true,jika kedua operand bernilai false maka akan menghasilkan nilai FALSE 

Operator NOT digunakan untuk melakukan negasi terhadap suatu nilai Boolean. Jika operand bernilai true maka FALSE, begitu juga sebaliknya. 

Sumber Referensi : Buku berjudul "Modul Pemrograman WEB HTML,PHP & MYSQL karangan "Budi Raharjo, Imam Heryanto dan Enjang RK".

READ MORE - Operator dalam PHP

Pengenalan Variable dan Cara Pembuatannya dalam PHP

,
Variable adalah suatu pengenal di dalam program yang mempresentasikan nilai atau data tertentu. Dengan memasukkan nilai ke dalam variable, maka kita dapat mengacu variable tersebut dari tempat lain dalam kode program yang kita buat. 

Dalam PHP, variable di definisikan dengan cara membubuhkan tanda $(dollar) di depan nama variable yang hendak kita buat. Berikut ini langkah – langkahnya : 

1. Tulislah nama varibable yang dbutuhkan Username Usia 

2. Tempatkan tanda $ di depan nama variable tersebut $Username $Usia 

3. Gunakan tanda sama dengan (=) setelah nama untuk memasukkan nilai literal ke dalam variable tersebut $Username = “pras” $Usia = 27 

4. Memasukkan nilai ke dalam variable merupakan sebuah perintah,maka kita harus mengakhirinya dengan tanda titik koma atau semicolon (;) $Username = “pras”; $Usia = 27; 

Berbeda dengan bahasa pemrograman lain pada umumnya, dalam PHP,variable tidak perlu dideklarasikan terlebih dahulu. Selain itu,variable PHP dapat menyimpan nilai dari tipe data apapun. 

Perhatikan contoh berikut : 

$x =”donna”; 
$x = 12; 
 $x = 4.23; 
$x = false; 
$x = array(“Dona”,”12”,”4,23”,”false”);

Seperti yang anda lihat diatas : 

Pada baris pertama variable $x menyimpan nilai String 
Pada baris kedua variable $x menyimpan nilai Integer 
Pada baris ketiga variable $x menyimpan nilai floating-point 
Pada baris keempat variable $x menyimpan nilai Boolean 
Pada baris kelima variable $x menyimpan nilai Array

READ MORE - Pengenalan Variable dan Cara Pembuatannya dalam PHP

Selasa, 09 Oktober 2012

Pengelompokan Tipe Data dalam PHP

,
PHP mendukung delapan tipe nilai atau tipe data. Empat nilai scalar(single-value) : integer,floating-point,string, dan Boolean. Dua nilai koleksi : array dan objek. Sisanya adalah tipe data khusus : resource dan NULL

Integer 

Integer adalah tipe data yang merepresentasikan bilangan utuhatau bulat,seperti 12,24,2009 dan sebagainya. Rentang yang diperbolehkan adalah dari -2,147,483,648 sampai+2,147,483,647. Nilai literal dari tipe integer ini dapat ditulis dalam bentuk decimal(basis 10), octal(basis 8), maupun heksadesimal(basis 16).

Floating-point 

Floating-point number(sering juga dinamakan dengan bilangan real) adalah tipe data yang merepresentasikan nilai-nilai numeric dalam bentuk pecahan atau mengandung angka decimal dibelakang koma. Floating-point dalam PHP selaras dengfan tipe double dalam bahasa C, biasanya berada dalam rentang 1.7E-308 dan 1.7E+308 dengan 15 digit akurasi. Bilangan floating-point dapat ditulis dalam notasi normal dan notasi sains(scientific). 

String

PHP mendukung dua tipe string yaitu yang diapit oleh petik ganda dan tunggal. Dalam pembuatan web,string merupakan tipe data yang kerap kali dijumpai dalam berbagai kasus. 

Boolean 

Tipe Boolean digunakan untuk merepresentasikan nilai kebenaran(truth value). Nilai yang mungkin dimasukkan ke dalam variable Boolean adalah true dan false. Tipe ini biasanya ditemui pada pendefinisian kondisi, baik dalam struktur pemilihan maupun pengulangan. 

Array 

Array adalah variable yang menyimpan sekelompok nilai, yang dapat diidentifikasikan berdasarkan posisinya(nomor, dengan 0 sebagai indeks pertamanya) atau dengan nama(bertipe String) yang telah diidefinisikan seblumnya. 

Objek

PHP mendukung Object-Oriented Programming(OOP), yang dapat memudahkan dalam proses debugging,maintenance dan penggunaan ulang kode(resourceable code). Dalam OOP, kelas merupakan unit terpenting. Kelas adalah suatu definisi dari struktur ynag memiliki property dan metode(fungsi). Dalam PHP, kelas didefinisikan menggunakan kata kunci class. Sekali kelas didefinisikan, anda dapat membentuk objek dengan menggunakan kata kunci new. Properti dan metode dapat diakses melaluui operator ->. 

Contoh : 

$person1 = new Person; 
$person1->nama(“Aas Asyanto”); 
Printf(“Hallo %s, apa kabar?”, $person1->nama); 

Sumber Referensi :

Buku berjudul "Modul Pemrograman WEB HTML,PHP & MYSQL karangan "Budi Raharjo, Imam Heryanto dan Enjang RK".

READ MORE - Pengelompokan Tipe Data dalam PHP

Desain Grafis Secara Umum

,
Jika kita hendak membicarakan yang namanya “Grafis” mungkin kita akan menemukan pendapat-pendapat atau pengertian-pengertian yang berbeda – beda, karena grafis(grafik) itu cakupannya sangatlah luas. Misalkan saja seperti pendapat – pendapat dari beberapa ahli tentang pengertian atau definisi grafis itu sendiri dibawah ini : 

# NANI DARMAYANTI 
Grafik adalah gambaran pasang surut suatu keadaan yang dilukiskan dengan garis atau gambar. 

# KARL E. CASE 
Grafik adalah penyajian dua dimensi dari suatu kelompok angka atau data 

# MURRAY R. SPIEGEL & LARRY J. STEPHENS 
Grafik merupakan tampilan gambar dari hubungan di antara variabel - variable 

# I WAYAN NUARSA 
Grafik merupakan penyajian data dalam bentuk gambar atau simbul 

# SOEDARSO 
Grafik merupakan bentuk penyajian visual yang dipakai untuk membandingkan jumlah data pada saat - saat yang berbeda 

# YUDHY WICAKSONO 
Grafik merupakan salah satu model penyajian data dalam bentuk visual yang banyak digunakan di berbagai bidang profesi 

# HERY SONAWAN 
Grafik merupakan penggambaran data - data yang di plot dalam sebuah bidang yang menghubungkan dua variable atau lebih 

 # LILIS ROHAENI & FIKRURRAHMAN 
Grafik merupakan sebuah gambar yang terdiri atas garis titik - titik koordinat 

# J. SUPRANTO 
Grafik merupakan gambar - gambar yang menunjukkan secara visual data berupa angka (mungkin juga dengan simbol - simbol) yang biasanya juga berasal dari table - tabel yang telah dibuat 

# MURRAY 
Grafik adalah representasi gambar dari hubungan yang terdapat di antara variable - variabel 

# KATHLEEN MEEHAN ARIAS 
Grafik adalah sebuah metode yang digunakan untuk menyajikan data kuantitatif secara visual 

Dilihat dari macam-macamnya, grafis itu ada 2, yakni grafis berbasis vector(grafis yang berbasis besaran dan arah, atau magnitude dan direction) dan grafis berbasis Bitmap(grafis yang memilki berjuta-juta titik atau pixel). 

 Jika kita tarik kesimpulan grafis secara umum adalah kombinasi dari titik-titik yang akan menghasilkan suatu bentuk visual tertentu, titik-titik tersebut tidak selalu berbentuk titik hitam, tetapi dapat juga berbentuk titik-titik dengan beragam warna. Kombinasi titik-titik tersebut bias berupa rumus Matematika yang biasanya digunakan untuk menentukan kordinat dari tiap titik, dan juga grafis bisa di hubungkan dengan bidang desain, dan sering disebut dengan desain grafis, contohnya desain cover majalah, membuat animasi, pengeditan foto dan sebagainya. Selain itu mungkin kita pernah mendengar yang namanya pemograman grafis, dimana dalam pemograman grafis ini mempelajari membuat suatu bentuk visual dengan mengetikkan sebuah script(Algoritma) yang nantinya di simpan dengan extensi tertentu dan kemudian decompile maka akan menampilkan suatu bentuk visual tertentu, jadi pada intinya grafis merupakan hal yang sangat erat hubungannya dengan suatu bentuk visual. 

Sumber Ref : 



READ MORE - Desain Grafis Secara Umum

Selasa, 02 Oktober 2012

Pengenalan Bahasa Pemrograman Java

,
Pengenalan Java

Java adalah bahasa pemrograman yang sedang naik daun, kepopulerannya sudah melampui bahasa C. Hal itu terjadi karena java memiliki beberapa kelebihan, diantaranya : 

• Aplikasi yang dibuat dengan mengunakan java dapat dijalankan di berbagai OS yang didalamnya sudah terdapat Java Virtual Machine (JVM). Bahasa kerennya Write Once Run Any WhereMendukung pemrograman berorientasi object (Fully support OOP).

• Banyak referensi-referensi untuk belajar java, termasuk juga komunitas developer java diinternet.

• Banyak contoh program atau pun library yang siap pakai dan dapat digabungkan dengan program yang kita buat 

• Gratis / Free 

Nah sekarang sudah tertarik belum belajar java ? 
Pernah berfikir untuk bisa membuat aplikasi yang dapat berjalan di handphone / blackberry??
Kalau mau yah harus belajar java.... hehehe :)

Oke, sekarang kita mulai membahas konsep object oriented menggunakan java.

Dalam pemrograman berorientasi object, kita harus memandang segala sesuatu sebagai object. Berbagai benda disekitar kita adalah object seperti meja, kuri, rumah dan lainnya.

Kenalan dengan Object dan Class 

Ada pertanyaan nih, kita kan harus memandang segala suatu sebagai object. Bagaimana caranya kita memindah pemikiran object didunia nyata menjadi object didunia sofware khususnya pemrograman java ? 

Gampang aj… 
jadi begini,sekarang mari kita ambil contoh object burung, kita perhatkan, burung itu punya nama, mata, kaki, sayap, warna, jenis. Burung juga dapat terbang, berkicau dan berjalan. Mata, kaki sayap dan warna dalam dunia pemrograman disebut juga atribut atau properties. Terbang, berkicau dan berjalan dalam dunia pemrograman disebut juga behaviour atau method

Class adalah cetakan, template, prototype dari object, sedangkan Object adalah instance dari kelas.Jadi,satu kelas itu dapat mempunyai object lebih dari satu atau banyak. 

Bingung yah, nggak usah bingung. Ibaratkan saja class itu adalah cetakan kue dan object itu adalah kue dari cetakan tersebut maksudnya “Satu cetakan kue menghasilkan banyak kue”

Selanjutnya mari kita lanjutkan ke pemrograman javanya. Untuk membuat sebuah class dengan java sangatlah mudah, cukup gunakan public class nama_class { } 

Class biasanya terdiri dari beberapa attribut dan method. Sebagai contoh,mari kita buat class Burung :

public class Burung
String nama; //atribut nama
String jenis; //atribut jenis
String warna; //atribut warna
String sayap; //atribut sayap


//method terbang

public void terbang(){
this.sayap = "mengepak";
System.out.println("Burung "+this.nama+" Sedang Terbang");
}

//method tidur

public void tidur(){
this.sayap = "diam";
System.out.println("Burung "+this.nama+" Sedang Tidur");
}
}


Masih bingung apa itu attribute dan method ?

Attribute adalah Berbagai variable yang mengitari class, dengan nilai datanya bisa ditentukan di object. nama, warna, sayap, dan jenis adalah atribute dari class Burung.

Method adalah implementasi dari bagaimana bekerjanya sebuah class. terbang dan tidur adalah method atau behaviour dari class Burung.

Untuk membuat object baru dari class Burung tersebut kita harus menginstantiate class Burung. Untuk menginstantiate sebuah class gunakan keyword new

Sekarang mari kita praktekan dengan sebuah program untuk membuat object dari class Burung.

public class BurungBeraksi {

public static void main(String[] args){
Burung burungnuri = new Burung();//membuat object burungnuri dari class Burung

burungnuri.nama = "Nuri"; //memanggil attribut nama pada object burungnuri dan memberi nilai

burungnuri.warna = "Merah";
System.out.println("Burung "+burungnuri.nama+" warnanya "+burungnuri.warna);

//memangil method terbang object burungnuri

burungnuri.terbang();
System.out.println("Sayapnya "+burungnuri.sayap);
burungnuri.tidur();
System.out.println("Sayapnya "+burungnuri.sayap);
System.out.println("");

Burung burungmerpati = new Burung();//membuat object burungmerpati dari class Burung

burungmerpati.nama = "Merpati";
burungmerpati.warna = "Putih";//memanggil attribut warna pada object burungmerpati dan memberi nilai

System.out.println("Burung "+burungmerpati.nama+" warnanya "+burungmerpati.warna);

//memangil method terbang object burungmerpati

burungmerpati.terbang();
System.out.println("Sayapnya "+burungmerpati.sayap);
burungmerpati.tidur();
System.out.println("Sayapnya "+burungmerpati.sayap);
}
}

Jika Class BurungBeraksi kita running, maka hasilnya akan tampak seperti ini :

Burung Nuri warnanya Merah
Burung Nuri Sedang Terbang
Sayapnya mengepak
Burung Nuri Sedang Tidur
Sayapnya diam
Burung Merpati warnanya Putih
Burung Merpati Sedang Terbang
Sayapnya mengepak
Burung Merpati Sedang Tidur
Sayapnya diam


Sumber Referensi Tulisan ini :

http://agusharyanto.net/wordpress/?p=531



READ MORE - Pengenalan Bahasa Pemrograman Java
 

Usman_blog's Copyright © 2011 -- Template created by Usman Gumanti -- Powered by Blogger Templates